Saturday, October 29, 2011

Arisan


Arisan itu apa sih? Arisan adalah kelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Nah, setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompoknya akan keluar sebagai pemenang. Dan hasil pemenang biasanya melalui dengan cara pengundian. Sebenarnya sistem arisan itu seperti menyimpan uang. Siapa diantara kalian yang masih mengikuti kegiatan arisan?

Masih inget banget pertama kali saya ikut arisan ketika saya kelas 2 SMP. Berawal dari teman yang iseng nggak ada kerjaan buat mengadakan arisan di kelas, saat itulah pertama kalinya saya mengenal dunia arisan. Pokoknya sekelas wajib ikutan demi kekompakan kelas. (aneh aneh aja waktu itu). Jadi, nggak hanya anak cewek yang ikutan. Anak cowok di kelas juga harus ikutan.

Saya masih ingat, dulu arisannya 500rupiah per-anak, di kelas ada 40 murid. Lumayan besar dapet 20ribu untuk seumuran anak sekolah. Tapi dulu tuh banyak yang ikutan sampai 1.000 bahkan 2.000. Jadi ntar menangnya 2 kali bahkan lebih. Arisannya pun hanya dilakukan pada hari jumat dan sabtu. Nah, kalau yang ikut banyak, ntar hasil uangnya juga banyak.

Rata-rata temen saya ikut 2 kali (seribu rupiah) ntar dapetnya ya 40ribu. Saya mah ikut 1000 aja. Jadi ntar dapetnya 2 kali. Hehe... mau ikut lebih? Mana bisa. Uang jajan saya dulu pas-pasan. Hehehe... Rasanya ikut arisan tuh seru banget. Selain senang dapet uang secara bergilir, hubungan teman sekelas tuh makin erat dan akrab gara-gara ngumpul kegiatan arisan.

Saya jadi kangen ketemu temen-temen SMP. Sejak kegiatan arisan berakhir, setelahnya saya tidak pernah ikutan arisan lagi sampai sekarang. Kenapa? Ya nggak apa-apa. Sebenarnya arisan itu kan seperti menabung. Benar tidak? hanya saja, kalau kita ikut arisan, bisa nambah teman karena dapet kenalan baru, sebagai ajang silaturahmi dan sarana belajar menabung.


Kegiatan arisan ini sangat populer di Indonesia, lho. Sampai sekarang pun masih banyak yang ikut kegiatan itu. Kalian sendiri gimana? Apa saja pengalamanmu selama ikut arisan?
http://www.emocutez.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...